Recent Posts

Sabtu, 22 Oktober 2011

HTML (Dasar membuat web)

Dasar-Dasar Membuat Web Dengan HTML

Memberikan pembelajaran kepada Anda seputar Web Development, Desain Grafis, dll, secara gratis. Berawal dari hoby sharing akan ilmu web development di tahun 2007 oleh 2 mahasiswa. Contact: Homepage : http://www.ilmuwebsite.com Facebook : http://www.facebook.com/ilmuwebsite
Dasar Dasar Membuat Web Dengan HTML web desain grafisNah, anda pasti sudah banyak melihat tutorial tutorial HTML yang ada di ilmuwebsite.com. Tapi, masih ada 1 kekurangan, tutorial HTML untuk tingkat pemula???
Nggak ada kan??? nah, maka dari itu, saya, C.H.I.P. Sensei, akan menjelaskan bagaimana website di bangun menggunakan tag-tag HTML, dan ini penulis sediakan untuk pemula. Tapi sebelum itu,  ada yang perlu diketahui.

tag <>
digunakan untuk menuliskan sintak, ada dua jenis, yaitu tag container dan tag biasa.
Tag container adalah tag yang berisi text yang akan ditampilkan setelah tag ditutup. Contoh: <td> text yang ditampilkan </td>.
Tag biasa, yahh…tag aja, contoh <BR> (break). <br> kaga perlu ditutup oleh tag </br>, tapi jika sintak yang digunakan tag container, contoh: <h1>, yah mesti ditutup dengan </h1>.
Tag yang digunakan untuk mengakhiri sintak punya karakter / (slash) sebelum sintaknya, contohnya: <td> </td>
Kita juga dapat mengetik attribut di dalam sebuah tag, contoh: <body bgcolor=”red”> </body>. atau <input type=”text”>.
LANGKAH 1
  • MEMBUKA NOTEPAD.
LANGKAH 2
  • MENGETIKKAN SINTAK/SYNTAX.
Berikut ini adalah syntax dasar yang membentuk suatu HTML.
pertama, ketikkan
<html>
tekan enter, kemudian ketik
<head>
Dalam container head, kita bisa mengetikan beberapa sintak, tapi yang paling penting jangan lupa mengetikan sintak <title> judul halaman web </title>. Untuk sintak lain nanti saja.
Sekarang ketikkan sintak title tadi, jadi seperti ini:
<head> <title> judul halaman web </title> </head>
Kemudian ketikkan <body>. Tag body merupakan badan/tubuh/inti dari halaman web, tampilan web yang kita lihat itu berasal dari <body>.
Body tuh tag container, jadi mesti ditutup. Hasil sampai sekarang:
<html>
<head>
<title> Judul Halaman Web </title>
</head>
<body>
</body>

Selanjutnya bagaimana cara menampilkan tulisan ke dalam HTML??? Ketikan sembarang text ke dalam tag body, contohnya seperti ini :
<body>
Contoh text yang ditampilin di halaman web, By: C.H.I.P. Sensei
</body>
terus, jika sudah, ketikkan </html>, script lengkapnya seperti ini :
<html>
<head>
<title> Judul Halaman Web </title>
</head>
<body>
Contoh text yang ditampilkan di halaman web, By: C.H.I.P. Sensei
</body>
</html>
kalo udah, sekarang save dengan nama dasarHTML.
kalo udah disave, buka data yang tadi di save.

Pada bagian ini, kalian mungkin akan bingun,g karena html yang tadi disave dan cape cape diketikkan, ternyata gagal. Malah yang terbuka adalah file di notepad/wordpad. tau kenapa???
Karena ketika men-save, file tersebut di save dalem bentuk TXT, bukan HTML. Nah cara men-save dalem bentuk HTML yaitu: ketika mensave, ada satu tempat di bawah tempat kita menulis nama file,  yakni Save As Type. Silahkan ubah dari text document(*.txt) menjadi all files, ketika menulis nama, di akhir di berikan extensi .html, contoh: dasarHTML.html.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar